Pages

Selasa, 15 Maret 2011

4 RAHASIA CARA MEMILIH NAMA DOMAIN BUAT BISNIS ANDA


Mendapat domain yang sesuai itu susah-susah gampang!

1. Nama Domain Anda Harus Jadi Nama Situs Anda

Perbedaan nama situs dengan domain yang sudah Anda beli akan menimbulkan kebingungan di benak para pengunjung situs. Ini akan sangat membantu mereka untuk mengingat alamat situs dengan lebih baik. Jika nama Anda juga menjadi URL Anda, akan lebih mudah bagi mereka untuk mengunjungi situs. Misalnya nama situs Anda “Free Online French Learning Site” tetapi URL-nya menunjuk pada www.letslearnfrench.com. Ketidaksesuaian inilah yang harus dihindari sebisa mungkin.

Nah, bagi Anda dengan merek/ bisnis yang sudah lumayan mapan, mengambil domain yang 100% pas dan ‘menjual’ bisa dikatakan sangat langka. Sering kita ingin beli domain sesuai harapan tetapi domain yang dimaksud telah dibeli orang lain. Solusi yang paling mungkin ialah Anda periksa informasi “whois” yang menyertai domain tersebut. Tetapi Anda harus bersiap keluarkan biaya ekstra karena kemungkinan besar pemilik domain itu tidak akan menjualnya dengan harga standar. Lain halnya jika merek/ bisnis Anda belum terlalu mapan.

2. Nama yang Lazim atau Nama Merek ?

Pilih domain yang sesuai dengan nama merek Anda. Jangan hanya menggunakan nama benda secara umum, misalnya ‘tiketpesawat.net’. Ini akan terlalu luas. Orang cenderung berpikir lebih terfokus dengan menggunakan nama-nama merek yang sudah tertanam kuat (terkenal).

3. Nama Domain Pendek atau Panjang ?

Nama domain yang lebih pendek akan mudah diingat dan mudah diketik. Sementara itu, ada yang berpendapat bahwa nama domain yang lebih panjang akan lebih mudah diingat karena cara penyingkatan bisa berbeda-beda, misalnya “Bursa Laptop Bekas Murah” bisa disingkat “BLBM.com” tapi orang cenderung lupa singkatan apa itu dan sulit dihubungkan dengan bisnis Anda secara aktual. Tetapi domain “bursalaptopbekasmurah.com” juga terkesan terlampau panjang.

Beberapa argumen tersebut memang berdasarkan pada fakta ilmiah. Dan sayangnya semakin lama kita semakin kesulitan mendapatkan nama-nama domain yang pendek tapi bagus dan ‘menjual’. Namun, satu kuncinya ialah pastikan bahwa kombinasi karakter tersebut memiliki makna dan asosiasi yang erat dengan bisnis Anda. Makin sulit orang menerka seperti apa bisnis Anda melalui nama domain itu, semakin tidak disarankan Anda mengambilnya.

4. Pakai tanda hubung ?

Kelemahan pertama ialah Anda harus menjelaskan secara detil saat menyebutkannya pada orang. Dan itu lama, tidak praktis! Kedua, orang cenderung lupa mengetik tanda hubung (dash). Saya pernah membeli domain da-vina.com dan cukup melelahkan untuk membuat orang menyadari bahwa ada tanda hubung di antaranya.

Tapi jangan salah, memakai tanda hubung dalam domain juga memberi kelebihan tersendiri. Satu, situs Anda lebih mudah terdeteksi kata kuncinya. Dua, domain yang memakai tanda hubung juga lebih mudah dibeli karena ketersediaannya lebih tinggi.

http://www.da-vina.com/

1 Komentar:

Aradea markatin mengatakan...

Thanks to share,nice post and very usefull.Hope you can share another article next time,better and better.